12 February 2009

Newbie FAQ

Susahkah menginstall OSX86?

Tergantung. Jika hardware supported maka mudah dilakukan seperti menginstall Windows ataupun OS Unix lainnya. Satu hal yang pasti yaitu jika anda tidak nyaman dengan command line via terminal dan gigih untuk mencari penyelesaian masalah sistem maka Mac OSx86 tidak cocok untuk anda.

Versi OS X mana yg dipilih?

Ada 2 versi, yaitu Mac OSX 10.4 (Tiger) dan Mac OSX 10.5 (Leopard). Tetapi disarankan langsung menggunakan Leopard, karena Tiger sudah banyak ditinggalkan oleh para developer. Mereka fokus pada Leopard sampai sekarang ini dan sebentar lagi akan muncul Mac OSX 10.6 (Snow Leopard).

Hardware yang support Mac OSX86?

Hardware utama yang dibutuhkan adalah prosesor yang memiliki SSE2 dan/atau SSE3 instruction set. Bagaimana cara kita mengetahuinya? Run CPU-Z di windows. Rekomendasi untuk prosesor yang sudah SSE3, karena banyaknya software yang tidak jalan dengan SSE2 saja.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hardware Compatibility List dapat refer ke sini; sini ; dan sini.

Hardware terbaik untuk OSX86?

Ada 2 istilah yang digunakan di sini, yaitu vanilla dan non-vanilla compatible sistem. Vanilla berarti bahwa hardware supported secara native oleh Mac OSX dan dapat menggunakan default kernel (mach_kernel) milik Apple. Sedangkan non-vanilla tetap dapat digunakan dengan beberapa extra patching, berupa hacked kernel, tambahan driver dll.

Syarat vanilla ada dua, yaitu Intel Prosesor dan Intel Motherboard. Detailnya adalah prosesor yang memiliki SSSE3 (bukan SSE3!) instruction set (Core 2 Series) dan Motherboard dengan chipset Intel yang mendukung prosesor tersebut. Motherboard dengan chipset Nvidia, SIS, VIA dll. termasuk ke dalam non-vanilla. Baik vanilla maupun non-vanilla tetap dapat menjalankan Mac OSX. Tentu vanilla lebih mudah dilakukan dibanding dengan non-vanilla.

Banyak distro Mac OSX. Mana yang sebaiknya dipilih?

Ada beberapa recommended distro, antara lain :
- Jas 10.5.4 (Intel/AMD)
- iDeneb v1.3 10.5.5 (Intel/AMD)
- Iatkos 5i 10.5.5 (Intel Only)
- XXX 10.5.5 (Intel/AMD)
- iPC 10.5.6 (Intel/AMD)
- iDeneb v1.4 10.5.6 (Intel/AMD)

Selalu pilih distro terbaru, karena distro selalu diperbarui sehingga support lebih banyak hardware. Anda dapat mendownloadnya di beberapa site torrent maupun host seperti Rapidshare, Megaupload dll.

Bagimana cara menginstall Mac OSX?

Klik sini

Apa itu PC EFI?

EFI kepanjangan dari Extensible Firmware Interface yaitu "BIOS" yang digunakan oleh Intel Mac. EFI menjembatani antara hardware dengan software layaknya BIOS sehingga menyebabkan hardware dapat terbaca, dan dapat menjalankan Mac OSX. Sekarang salah satu hacker ternama, Netkas mengimplementasikan PC EFI sistem, dimana EFI code dimasukkan ke dalam bootloader, agar OS X mengira hardware PC biasa adalah hardware Mac. Hal ini berhubungan istilah vanilla di atas. Anda juga dapat update software dan sistem langsung dari Apple software update tanpa menimbulkan kerusakan sistem.

Bagaimana caranya dual boot OSX86 dengan OS lainnya?

Dualboot tidak susah untuk dilakukan. Bila dualboot dengan Linux pastinya menggunakan Grub. Dualboot dengan windows XP menggunakan file chain0 dan edit boot.ini. Dualboot dengan windows Vista dapat dilakukan dengan software tambahan seperti EasyBCD.

Saya mengalami masalah saat proses install. Apa yang harus dilakukan?

Gunakan Google, Wiki dan OSX86 Search engine untuk mencari solusinya.

Bagaimana cara mengetahui device ID hardware?

Bila anda menggunakan Windows maka dapat menggunakan beberapa software seperti Sisoftsandra, Everest, dan Device Manager. Sedangkan bila anda menggunakan Linux, tentunya sudah tidak asing lagi bukan. Terakhir, bila anda menggunakan Leopard maka dapat menggunakan OSX86Tools. Software ini berbasis tool linux yang dapat dijalankan di Mac OSX.

Kernel flag

Booting ke Mac OSX, pertama kali akan muncul darwin bootloader. Parameter booting (flag) antara lain sebagai berikut:

-v (verbose mode) untuk melihat booting log
-s (single user mode) masuk sebagai single user alias root
-x (safe mode) masuk ke safe mode
-f (force mode) masuk ke OSX dengan ignore driver yg ada

Selalu gunakan -v untuk proses instalasi, sehingga apabila ada masalah akan diketahui sumbernya dan dapat dicari solusinya.

Bagaimana cara install kernels?

Navigasi ke Application >> Utilities >> Terminal

sudo -s
password
cp -R /mach_kernel /mach_kernel.backup
cp -R ~/Desktop/mach_kernel /mach_kernel

Navigasi ke Application >> Utilities >> Diskutility
repair permissions

Bagaimana cara install kexts (Kernel Extensions)?

Driver di Mac OSX disebut dengan kexts.

A. Backup kexts

Terminal,
sudo -s
password
mkdir /KextBackup/
cp -R /System/Library/Extensions/nama_driver.kext /KextBackup/


B. Install kexts

sudo -s
enter password
cp -R ~/Desktop/nama_driver.kext /System/Library/Extensions/
chown -R root:wheel /System/Library/Extensions/nama_driver.kext
chmod -R 755 /System/Library/Extensions/nama_driver.kext
rm -rf /System/Library/Extensions.mkext

That's All The Basic You Have To Know